ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Mesy, Mesy (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN PENYULUH PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI MESY SUDAH SELSAI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang berarti negara yang mengandalkan sektor pertanian baik sebagai sumber mata pencaharian maupun sebagai penopang pembangunan.Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan salah satu desa yang pertaniannya berpotensi, karena para petani belum memanfaatkan potensi yang tersedia dengan maksimal maka diperlukan pemberdayaan penyuluhan kepada para petani guna menambah pengetahuan mengenai pertanian agar menjadikan petani yang kreatif, mandiri dan lebih baik lagi. Rumusan masalah peneliian ini adalah bagaimana efektivitas program pemberdayaan penyuluh pertanian dalam meningkatkan pendapatan petani padi sawah dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap efektivitas program pemberdayaan penyuluh pertanian dalam meningkatkan pendapatan petani padi sawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program pemberdayaan penyuluh pertanian dalam meningkatkan pendapatan petani dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam tentang efektivitas program pemberdayaan penyuluhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Sumber data berupa dta primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 30 petani yang tergabung dalam kelompok Mekar Tani dan sampel yang digunakan yaitu 30 petani padi sawah.Teknik pengumpulan data menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penjelasan diatas peneliti menarik kesimpulan tentang efektivitas program pemberdayaan penyuluh pertanian dalam meningkatkan pendapatan petani berdasarkan 4 indikator yaitu ketercapaian tujuan, efisiensi, produksi, dan diterima oleh publik. Dan menurut perspektif ekonomi Islam pemberdayaan dalam ekonomi islam merupakan sebuah pembelajaran kepada masyarakat agar dapat mencapai kehidupan yang lebih baik. Maka dengan hal tersebut setiap anggota petani sudah dapat berusaha menjadi petani yang lebih baik dan dapat memanfaatkan suumber daya yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:45
Last Modified: 26 Oct 2020 05:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item