ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PENDIDIK IPA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 08 WAY LIMA PESAWARAN

AULAN, FEBRIANI (2020) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PENDIDIK IPA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 08 WAY LIMA PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI AULAN FEBRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan yang kompleks, yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dan dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kah penerapan keterampilan dasar mengajar pendidik IPA dalam proses pembelajaran kelas IV di SDN 08 Way Lima Pesawaran? Dan seberapa tinggi tingkat keterampilan dasar mengajar pendidik IPA dalam proses pembelajaran kelas IV di SDN 08 Way Lima pesawaran? Keterampilan Dasar Mengajar ini meliputi : keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan dasar mengajar pendidik IPA kelas IV dalam proses pembelajaran di SDN 08 Way Lima Pesawaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kombinasi atau mixed method. Subjek penelitian adalah pendidik kelas IV sebanyak 4 orang. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan hasil data yang telah dikumpulkan oleh peneliti mengenai analisis keterampilan dasar mengajar pendidik IPA kelas IV di SDN 08 Way Lima Pesawaran, bahwa keterampilan dasar mengajar pendidik sudah sangat baik dengan skor rata-rata 91,25. Secara umum pendidik IPA SDN 08 Way Lima Pesawaran telah menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar, namun dibeberapa kesempatan tidak semua keterampilan dasar mengajar diterapkan. Ada beberapa keterampilan dasar mengajar yang sulit diterapkan dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan membimbing diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:35
Last Modified: 26 Oct 2020 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item