PENGARUH WAKTU FERMENTASI MENGGUNAKAN Effective Microorganisms-4 (EM-4) TERHADAP KUALITAS SILASE TANAMAN JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK

SUGMA RIZKI, TRI UTAMI YUSTISIANA (2020) PENGARUH WAKTU FERMENTASI MENGGUNAKAN Effective Microorganisms-4 (EM-4) TERHADAP KUALITAS SILASE TANAMAN JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab2,dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of full skripsi sukma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH WAKTU FERMENTASI MENGGUNAKAN Effective Microorganisms-4 (EM-4) TERHADAP KUALITAS SILASE TANAMAN JAGUNG SEBAGAI PAKAN TERNAK Oleh : Sugma Rizki Tri Utami Yustisiana Kekurangan persediaan pakan terutama hijauan pada musim kemarau mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi peternak. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh peternak adalah dengan memanfaatkan limbah agroindustri pertanian yang tersedia, seperti tebon jagung. Tebon jagung merupakan seluruh tanaman jagung termasuk batang, daun dan buah jagung yang umumnya dipanen pada umur 60-80 hari. Tebon jagung cukup banyak digunakan untuk dijadikan sebagai pakan ternak karena terdapat kandungan nutrisi yang baik dan juga bermanfaat bagi peternak karena mudah dan hemat secara ekonomi dalam memelihara tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas silase dari pengaruh waktu fermentasi.. Jenis penelitian ini adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 Perlakuan serta 3 pengulangan. Melakukan penelitian secara langsung dan organoleptic dengan 3 parameter yang diteliti yaitu dari segi bau, warna, dan pH. Sedangkan pada uji proksimat yang di uji antara lain kadar air dan kadar abu. Proses fermentasi tanaman jagung dengan waktu fermentasi yang berbeda yaitu selama 14 hari, 21 hari, 28 hari dan 35 hari. Data kualitas silase secara proksimat yang dianalisis menggunakan uji one way anova dengan SPSS 24. Dari hasil penelitian pengaruh waktu fermentasi menggunakan effective microorganisms-4 (em-4) terhadap kualitas silase tanaman jagung sebagai pakan ternak menunjukkan Silase yang dibuat dengan penambahan Effective Microorganisms- 4 mengalami adanya kenaikan kandungan protein tertinggi, Serat yang tinggi dan Lemak yang tinggi. Namun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah dibandingkan dengan perlakuan yang lain.. Karakteristik silase yang diperoleh yaitu berwarna hijau kekuningan (alami) berbau segar-harum, tekstur padat, utuh, halus, tidak menggumpal dan tidak berlendir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:01
Last Modified: 20 Oct 2020 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item