Rafika Monita, mon (2020) KOMUNIKASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI TPA BAITUL QUR’AN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (848kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (365kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh aktivitas manusia untuk saling berinteraksi dengan berbagai tujuan. Komunikasi pun berlangsung pada pendidikan berbasis Qur’ani seperti kegiatan Tahfidz Al-Qur’an yang melibatkan pengajar dan santri. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan lembaga pendidikan Islam nonformal yang menaungi bidang Tahfidz Al-Qur’an, bertujuan mendidik santri agar dapat membaca Al-Qur’an secara fasih, baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dalam menumbuhkan minat hafalan Qur’an pada santri TPA Baitul Qur’an Al-Hikmah serta faktor penghambat dan pendukungnya. Untuk memperoleh jawaban penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan purposive sampling yaitu penetuan sekelompok subjek berdasarkan cirri-ciri atau sifat tertentu. Metode pengumpulan data yakni metode observasi non-partisipan, interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatis secara deskriptif. Temuan hasil penelitian diketahui metode pengajarannya adalah dengan penugasan, tanya jawab, hafalan, membaca, menyimak dan motivasi. Dengan begitu, santri dapat menguasai dan memahami materi yang disampaikan, sehingga kemampuan santri dapat tersalurkan. Dalam penyampaian materi hafalan Qur’an menggunakan bentuk atau pola komunikasi seperti komunikasi verbal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok kecil dan komunikasi instruksional, semua komunikasi yang digunakan oleh pengajar dilakukan dengan tatap muka melalui lisan dan komunikasi seperti ini sangat efektif dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an. Adapun beberapa faktor penghambat dalam proses Tahfidz Al-Qur’an yaitu problematika dalam diri santri, metode penyampaian yang salah dari pengajar dan faktor lingkungan. Dan faktor pendukung dalam hal tersebut berupa komunikasi yang efektif, tujuan dan minat serta pemberian reward.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Najib Ali |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:07 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12030 |
Actions (login required)
View Item |