KOMUNIKASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI TPA BAITUL QUR’AN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Rafika Monita, mon (2020) KOMUNIKASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI TPA BAITUL QUR’AN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HALAMAN BELAKANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-DAFTAR PUSTAKA (RAFIKA MONITA).pdf]
Preview
PDF
Download (848kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK RAFIKA MONITA.pdf]
Preview
PDF
Download (365kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh aktivitas manusia untuk saling berinteraksi dengan berbagai tujuan. Komunikasi pun berlangsung pada pendidikan berbasis Qur’ani seperti kegiatan Tahfidz Al-Qur’an yang melibatkan pengajar dan santri. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan lembaga pendidikan Islam nonformal yang menaungi bidang Tahfidz Al-Qur’an, bertujuan mendidik santri agar dapat membaca Al-Qur’an secara fasih, baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dalam menumbuhkan minat hafalan Qur’an pada santri TPA Baitul Qur’an Al-Hikmah serta faktor penghambat dan pendukungnya. Untuk memperoleh jawaban penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan purposive sampling yaitu penetuan sekelompok subjek berdasarkan cirri-ciri atau sifat tertentu. Metode pengumpulan data yakni metode observasi non-partisipan, interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatis secara deskriptif. Temuan hasil penelitian diketahui metode pengajarannya adalah dengan penugasan, tanya jawab, hafalan, membaca, menyimak dan motivasi. Dengan begitu, santri dapat menguasai dan memahami materi yang disampaikan, sehingga kemampuan santri dapat tersalurkan. Dalam penyampaian materi hafalan Qur’an menggunakan bentuk atau pola komunikasi seperti komunikasi verbal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok kecil dan komunikasi instruksional, semua komunikasi yang digunakan oleh pengajar dilakukan dengan tatap muka melalui lisan dan komunikasi seperti ini sangat efektif dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an. Adapun beberapa faktor penghambat dalam proses Tahfidz Al-Qur’an yaitu problematika dalam diri santri, metode penyampaian yang salah dari pengajar dan faktor lingkungan. Dan faktor pendukung dalam hal tersebut berupa komunikasi yang efektif, tujuan dan minat serta pemberian reward.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:07
Last Modified: 20 Oct 2020 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item View Item