Komunikasi antarbudaya Mahasiswa Pattani (Thailand) yang dalam berinteraksi dan beradaptasi di Kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Atika Fadilatul Rodiyah Saputri, SAP (2020) Komunikasi antarbudaya Mahasiswa Pattani (Thailand) yang dalam berinteraksi dan beradaptasi di Kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK Atika.pdf]
Preview
PDF
Download (5kB) | Preview

Abstract

Komunikasi antarbudaya terjadi apabila terjadinya perpindahan tempat dari budaya yang berbeda ke tempat yang berbeda. Dalam proses komunikasi, perbedaan latar belakang budaya dapat mempengaruhi orang yang berkomunikasi. Demikian juga yang terjadi pada mahasiswa Pattani yang berada di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang bertemu dengan mahasiswa lokal yang memiliki beragam budaya. Setiap pelaku komunikasi tentunya berharap komunikasi yang mereka lakukan dapat berjalan dengan efektif. Dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara berinteraksi dan beradaptasi mahasiswa Pattani terhadap mahasiswa lokal yang akan berpengaruh dalam tingkat kesulitan untuk berkomunikasi karena mahasiswa Pattani mempunyai latar belakang yang berbeda.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling dengan menggunakan 5 orang subjek berkewarganegaraan Pattani yang menuntut ilmu di UIN Raden Intan Lampung. Dalam penelitian ini diketahui bahwa pada awalnya mahasiswa Pattani mengalami berbagai macam kendala ketika menghadapi perbedaan lingkungan dan budaya di Indonesia. Namun mereka berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Berdasarkan penelitian yang di temukan di lapangan, dapat disimpulkan bahwa ada 2 cara berinteraksi mahasiswa Pattani yaitu: komunikasi verbal dan nonverbal.Faktor penghambat seperti ada perbedaannya bahasa dan faktor pendukung dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan mahasiswa yaitu tinggi motivasi mahasiswa Pattani untuk bergaul dengan masyarakat, kemiripan budaya Indonesia dengan Pattani, dan teknologi komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:54
Last Modified: 20 Oct 2020 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item