BIMBINGAN INDIVIDUAL ANAK PENYANDANGDISABILITAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAANDIRI DI PONDOK PESANTREN TRI BHAKTI AL-QUDWAHKOTA METRO

INAS KHOIRIDA, kho (2020) BIMBINGAN INDIVIDUAL ANAK PENYANDANGDISABILITAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAANDIRI DI PONDOK PESANTREN TRI BHAKTI AL-QUDWAHKOTA METRO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of cover_bab1-2_dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (542kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (8kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Tri Bhakti Al-Qudwah adalah lembaga yang mengkhususkan diri untuk anak Penyandang Disabilitas yang bergerak di dalam suatu Pondok Pesantren, ada bemacam-macam anak penyandang disabilitas tetapi penelitian ini lebih dikhususkan kepada anak penyandang disabbilitas tunagrahita ringan. Penelitian ini bermula dari masalah yang muncul di lingkungan sekitar tentang penyandang disabilitas yang tidak percaya diri dengan kondisi yang dimiliki berbeda dengan anak-anak umumnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, aktivitas sosial dan lain-lain dengan rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana upaya pembimbing dan kendala apa yang dihadapi pembimbing dalam memberikan bimbingan kepada anak penyandang disabilitas tunagrahita. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan (fild research) dengan pendekatan kualitatif.Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini 22 orang, dengan jumlah sampel 5 orang.Tekhnik analisis data digunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu yang menggambarkan mengenai situasi atau kejadian-kejadian.Sifat populasi atau daerah tertentu dengan mencari informasi faktual, salah satu pertimbangan keadaan, membuat evaluasi, sehingga diperoleh gambaran yang jelas. Untuk mempermudah dalam pengumpulan data di lapangan, maka penulis menggunakan metode wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Kegiatan verifikasi data penelitian yaitu dengan melakukan pengamatan secara berkala. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian di lapangan maka akan dikonfirmasi dengan pencarian informasi terkait dari sumber yang berbeda. Dari hasil penelitian ini terdapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan teori humanistik yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas tunagrahita ringan dalam kepercayaan diri anak penyandang disabilitas di Pondok Pesantren Tri Bhakti Al-Qudwah membawa manfaat yang cukup baik, meskipun dalam kenyataannya belum mempunyai kepercayaan diri tetapi secara mental mereka mampu walaupn hasilnya tidak maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:30
Last Modified: 19 Oct 2020 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item