STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNK HIJRAH DALAM BERHIJRAH PADA ANGGOTANYA (Studi pada Komunitas Punk Hijrah di Bandar Lampung)

ARIF SURANTO, sur (2020) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNK HIJRAH DALAM BERHIJRAH PADA ANGGOTANYA (Studi pada Komunitas Punk Hijrah di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Komunitas Punk Hijrah dalam mengajarkan anggotanya untuk berhijrah. Dalam proses hijrah mereka menggunakan strategi komunikasi melalui di berbagai bidang dan kegiatan keagamaan yang tidak terlepas oleh kegiatan punk tetapi tidak melanggar dalam aturan atau ajaran agama Islam. Komunitas punk Hijrah adalah media penyalur atau wadah bagi anak-anak muda khususnya anak-anak punk untuk melakukan hijrah yang bergabung didalamnya, untuk itu komunitas punk hijrah bersedia menolong dalam mengajarkan kepada anggotanya untuk membantu prosesnya dalam berhijrah. Penulis menggunakan jenis metodelogi penelitian lapangan (Kualitatif) untuk melakukan observasi, Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan mengambil jenis observasi partisipasi pasif (Passive Participation), dan menggunakan wawancara semiterstruktur. Peneliti hanya terfokus pada cara mengamati, merekam, memotret, mempelajari, dan mencatat tingkah laku yang diteliti. Dan mengumpulkan dokumentasi seperti buku, surat, foto, majalah, agenda, dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk menggali data yang terkait dengan proses kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan seperti membuat zine, halaqah, mengambar, hingga menghapus tato. Hasil penelitian yang didapat mereka menggunakan tiga bentuk-bentuk komunikasi untuk membantu dalam melakukan strategi diantaranya. Komunikasi interpersonal, seperti kegiatan halaqah mereka membentuk himpunan kecil yang baru bergabung dan yang sudah lama di dalam komunitas punk hijrah, komunikasi khalayak ramai, contohnya seperti tabligh akbar, acara ini mengundang seluruh anak-anak muda dan komunitas hijrah, dan komunikasi massa, menurut mereka dengan mengikuti perkembangan zaman mereka bisa lebih cepat dalam menyebar luaskan ajaran-ajaran agama islam melalui media massa seperti instagram, karena aksesnya bersifat luas dan cepat dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Dalam kegiatan komunikasi yang baik, mereka mempunyai strategi untuk membantu jalannya berhijrah antara lain strategi di bidang kerohanian, strategi di bidang kesenian, dan strategi di bidang kewirausahaan. Ketiga bidang ini mereka menggunakan strategi dengan pendekatan untuk melakukan proses berhijrah, dan dibidang tersebut mereka masih memasuki unsur-unsur punk tetapi tidak melanggar dalam aturan atau ajaran agama Islam, sehingga strategi komunikasi dalam kegiatan yang dilakukan Komunitas Punk Hijrah sangat mempengaruhi dalam membantunya proses berhijrah dan dapat memperbaiki akhlak anggota secara perlahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:15
Last Modified: 19 Oct 2020 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item