PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN GENOGRAM TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DINA, ZAHARA (2020) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN GENOGRAM TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN GENOGRAM TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG Oleh : DINA ZAHARA Perencanaan karier merupakan salah satu aspek yang penting dalam perkembangan karier individu. Kecakapan dalam mengambil keputusan merupakan tujuan utama dari perencanaan karier yang harus ditempuh oleh setiap individu. Ada berbagai keresahan menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam mempersiapkan kariernya yang masih rendah, hal tersebut tampak dalam berbagai masalah baik yang berkaitan dengan pemilihan jenis studi lanjutan, pemilihan rencana pekerjaan, maupun yang berkaitan dengan ketidaksiapan para lulusan SMA dalam memasuki pendidikan lanjutan atau dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam pelaksanaan layanan bimbingan karier dengan genogram terhadap perencanaan karier peserta didik di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan karier menggunakan genogram yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Gajah Mada Bandar Lampung tersebut dapat berpengaruh dalam pelaksanaan layanan bimbingan karier pada perencanaan karier siswa siswi atau peserta didik, dikarenakan siswa siswi peserta didik sangat merasa terbantu dan terarah dengan diadakannya layanan bimbingan konseling karier secara konseling individu maupun layanan bimbingan konseling kelompok untuk membantu dan meningkatkan serta merencanakan kariernya dimasa yang akan datang. Siswa siswi peserta didik yang melakukan layanan bimbingan konseling karier dengan penggunaan genogram dari Guru Bimbingan dan Konseling (BK) itu sangat berguna, bermanfaat, dan sangat penting untuk membantu meningkatkan perencanaan karier ke masa depan. Dalam pelaksanaan bimbingan karier secara konseling individu maupun secara konseling kelompok menggunakan genogram, siswa siswi peserta didik menjadi saling memberikan pengarahan, bantuan, dan tujuan dalam pemikirannya pendapat dalam dirinya masing-masing yang akan datang nanti dan pada tahap kontruksi genogram juga membantu untuk saling tanya jawab, saling memberikan pendapat mengenai informasi didalam prosesnya disaat nanti perencanaan karier baginya untuk disaat tamat dari sekolahnya sehingga siswa siswi peserta didik tersebut mengetahui perencanaan karier siswa siswi atau peserta didik setelah tamat dari sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:04
Last Modified: 15 Oct 2020 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item