PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENCEGAH KONVERSI AGAMA PADA MASYARAKAT KARENA FAKTOR PERNIKAHAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

MARWAN, GUFRON (2020) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENCEGAH KONVERSI AGAMA PADA MASYARAKAT KARENA FAKTOR PERNIKAHAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Marwan Gufron.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masyarakat di Dusun Sumbersari Desa Mandah yang melakukan konversi agama dari Islam ke Kristen karena alasan pernikahan. Padahal sebelumnya masyarakat di Dusun Sumbersari Desa Mandah ini mayoritas beragama Islam. Eksistensi KUA sebagai lembaga pemerintah dibidang agama di wilayah Kecamatan Natar seharusnya menjalankan tugas dan perannya secara optimal dalam mengantisipasi terjadinya konversi agama. Sebagai rumusan masalah adalah faktor apa sajakah yang menjadi penyebab terjadinya konversi agama di Dusun Sumbersari Desa Mandah Kecamatan Natar, dan bagaimana upaya KUA Kecamatan Natar dalam mencegah konversi agama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini berisi pengamatan berbagai kejadian dan interaksi yang diamati langsung oleh peneliti dari tempat kejadian. Adapun data primer berupa hasil wawancara dengan kepala KUA berkenaan dengan kasus konversi agama dan pelaku konversi agama di Dusun Sumbersari Desa Mandah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode Induktif yaitu pola pemikiran peristiwa-peristiwa yang konkrit, kemudian dari khusus dan konkrit tadi digeneralisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya konversi agama di Dusun Sumbersari Kecamatan Natar adalah karena faktor ingin menikah yang disebabkan oleh dua alasan yaitu karena lemahnya iman mereka dan faktor kemiskinan dalam kehidupan, kemudian mereka melepaskan keyakinannya atau melakukan konversi agama ketika ia akan menikah dengan orang yang berbeda agama. Peran KUA selain sebagai pencatat perkawinan juga berfungsi sebagai pemberi sosialisasi dan pencerahan dalam mencegah konversi agama karena pernikahan di Desa Sumbersari Desa Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Upaya yang dilakukan KUA tersebut dipandang sudah sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan hadis yaitu menyeru kepada kebaikan dan meninggalkan kemudhoratan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:31
Last Modified: 15 Oct 2020 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item