DAKWAH MELALUI MEDIA INSTAGRAM PADA MAHASISWA KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

M. RESTU WICAKSONO, wic (2020) DAKWAH MELALUI MEDIA INSTAGRAM PADA MAHASISWA KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI M.RESTU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESTU 2.pdf]
Preview
PDF
Download (644kB) | Preview

Abstract

Dakwah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah di seluruh dunia. oleh karena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman dan harus dikemas dengan semenarik mungkin ketika melihat situasi dan kondisi mahasiswa, banyak yang menggunakan Instagram dari sini Da’i menggunakan Instagram untuk media dakwah. Instagram merupakan suatu aplikasi media sosial yang dimanfaatkan oleh Mahasiswa KPI untuk media dakwah agar pesan dakwah mudah diterima oleh khalayak umum. Permasalahanya adalah bagaimana mahasiswa KPI menggunakan Instagram sebagai media dakwah dan materi dakwah yang disampaikan melalui media Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung yang menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Sampel penelitian ditentukan secara random sampling, dimana peneliti memilih sampel dan populasi secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan korespendensi melalui WhatsApp. Data yang diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa : Instagram memberikan banyak sekali manfaat sebagai media dakwah. Dalam menggunakan Instagram sebagai media dakwah mahasiswa KPI dapat mengikuti perkembangan zaman dan mendapatkan perhatian masyarakat khususnya generasi milenial dan materi dakwah yang disampaikan bersumber Al-Qur’an dan Al-Hadist menyesuaikan objek dakwahnya, Instagram sebagai media dakwah akan efektif jika digunakan dengan baik sesuai nilai-nilai ajaran Islam. Secara keseluruhan dakwah di Instagram yang merupakan dakwah milenial mampu menciptakan dakwah yang inovatif yang mampu menarik followers nya mengikuti apa yang disampaikan di media Instagram serta materi dakwahnya dapat dilihat secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:23
Last Modified: 12 Oct 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item