PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI TAMAN KANAK KANAK DHARMA WANITA KORPRI BANDAR LAMPUNG

ISMY AKHITA, FAJARWATI (2020) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI TAMAN KANAK KANAK DHARMA WANITA KORPRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI ISMY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan yang dimiliki setiap anak perlu dirangsang dan dikembangkan salah satunya adalah kecerdasan spiritual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Korpri Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di Taman Kanak- Kanak Dharma Wanita Korpri Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian yang bersifat deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan data reduction (reduksi data), display data (penyajian data), verification/menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya penerapan metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak sudah sesuai dengan teori langkah-langkah penerapan metode pembiasaan, berupa pembiasaan bertingkh laku yang baik, seperti berbicara sopan santun dan berpakaian bersih dan rapih, pembiasaan shalat berjamaah di mushala masjid sekolah, mengucapkan salam sewaktu masuk kelas, membaca basmalah dan hamdalah ketika memulai dan menyudahi pelajaran, para pendidik mengajarkan kepada anak mereka “laillahaillaloh”, berdoa sebelum dan sesudah makan dengan adab makan yang baik, membiasakan antri dan mencuci tangan sebelum makan, buang air kecil atau pup dikamar mandi, serta membiasakan menghafal surat-surat pendek atau hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:23
Last Modified: 08 Oct 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item