ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK KELAPA SAWIT DI INDONESIA TAHUN 2012-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Krisma, Dayanti (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK KELAPA SAWIT DI INDONESIA TAHUN 2012-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPI Krismadayanti .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ekspor merupakan aktivitas perdagangan luar negeri yang melakukan pengiriman dan penjualan barang maupun jasa ke pasar luar negeri. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah luas lahan berpengaruh terhadap ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia. Apakah produksi minyak kelapa sawit berpengaruh terhadap ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia. Apakah harga dunia minyak kelapa sawit berpengaruh terhadap ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia. Bagaimana ekspor minyak kelapa sawit dalam persepektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui luas lahan, produksi minyak kelapa sawit dan harga dunia minyak kelapa sawit terhadap ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia serta mengetahui ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan bersifat assosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS). Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa hasil uji secara parsial menyatakan luas lahan kelapa sawit, produksi minyak kelapa sawit, dan harga dunia tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia tahun 2012-2019. Berdasarkan hasil uji simultan luas lahan kelapa sawit, produksi minyak kelapa sawit, dan harga dunia minyak kelapa sawit secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikasi terhadap variabel ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia tahun 2012-2019. Dalam Islam kegiatan ekspor sudah diatur pada Al-Qur’an (An-Nisa : 29), dalam kaidah hukum Islam jual beli itu diperbolehkan dengan memenuhi rukun dan syarat jual beli dan tidak bertentangan dengan syari’at agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:13
Last Modified: 07 Oct 2020 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item