ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GO-PAY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

SEFTI, AFRIZA (2020) ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN GO-PAY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSII SEFTI AFRIZA fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

ABSTRAK Uang elektronik adalah alat bayar elektronik yang diperoleh dengan menyetorkan terlebih dahulu sejumlah uang kepada penerbit, baik secara langsung, maupun melalui agen-agen penerbit, atau dengan pendebitan rekening di Bank, dan nilai tersebut dimasukkan menjadi uang dalam media uang elektronik, yang dinyatakan dalam satuan rupiah, digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan cara mengurangi secara langsung nilai uang pada media uang elektronik. Go-Pay merupakan salah satu uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Dompet Anak Bangsa dimana perusahan tersebut merupakan anak perusahan PT Karya Anak Bangsa (Go-Jek). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kemudahan terhadap minat penggunaan Gopay pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, bagaimana pengaruh keamananan terhadap minat penggunaan Gopay pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, bagaimana pengaruh inovasi teknologi terhadap minat penggunaan Gopay pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, bagaimana pengaruh kemudahan, keamanan, dan inovasi teknologi terhadap minat penggunaan Gopay pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, dan bagaimanan penggunaan Gopay dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kemudahan, keamanan dan inovasi teknologi terhadap minat penggunaan Gopay pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung serta untuk mengetahui Gopay dalam perspektif ekonomi Islam dalam bertransaksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung 2017-2019, sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian ini adalah variabel kemudahan dan inovasi teknologi tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan Gopay ditunjukkan dengan hasil perolehan masing-masing nilai signifikansi 0,211 ˃ 0,05 dan 0,072 ˃ 0,05. Sedangkan variabel keamanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Gopay ditunjukkan dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Dan diperoleh hasil R Square sebesar 74,9% yang artinya varibel independen yang ada pada penelitian ini mampu menjelaskan 74,9% variabel dependen. Dalam perspektif ekonomi Islam dalam penggunaan Gopay maupun uang elektronik dalam bertransaksi diatur dalam Fatwa DSN-MUI, No. 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah, dalam transaksi Gopay terdapat beberapa bentuk akad yaitu akad jual beli (ba’i), akad wadi’ah, akad ijarah, dan akad qardh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:02
Last Modified: 07 Oct 2020 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item