MANAJEMEN DAKWAH REMAJA ISLAM MASJID BAITUL MAKMUR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DESA KEMUNING KECAMATAN PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

IRNIS, IRN (2020) MANAJEMEN DAKWAH REMAJA ISLAM MASJID BAITUL MAKMUR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DESA KEMUNING KECAMATAN PULAUPANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Bab 1& 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Remaja Islam Masjid Baitul (RISMA) Makmur Desa Kemuning Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus adalah organisasi remaja yang dibentuk karena kegiatan yang dilaksanakan di masjid hanya mengandalkan pengurus masjid. RISMA ini berdiri pada tahun 2007 yang berasal dari bagian organisasi karang taruna yang fokus dibidang keagamaan dan masyarakat setempat. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana Manajemen Dakwah RISMA Baitul Makmur dalam meningkatkan pemahaman keagamaan Desa Kemuning Kecamatan Pulau Panggung kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui Metode wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Sumber data penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian dapat di ketahui bahwa Manajemen Dakwah Remaja Islam Masjid Baitul Makmur di lihat dari penerapan fungsi manajmen. Perencanaan dilakukan dengan membuat program jangka pendek, tahunan dan jangka panjang, kemudian diorganisasi dengan membuat job discribtion terhadap program RISMA yang melibatkan semua unsur RISMA, dari penugasan tersebut diaktulisasikan dalam bentuk kegiatan dengan satu pengarahan yang jelas pimpinan yang dilaksanakan semua anggota, bentuk aktualisasi diwujudkan dalam pembelajaran materi kitab kuning, kesenian Islam dan tradisi RISMA yang mendahulukan akhlakul karimah, hasil kinerja kemudian diawasi dan dilakukan penilaian serta refleksi dalam setiap kinerja kepengurusan. Dari beberapa hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen dakwah RISMA Baitul Makmur sudah terlaksana dengan baik dari segi perencanaan, pengorganisasisian, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:13
Last Modified: 06 Oct 2020 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item