MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PONDOK PESANTREN MADINATUL ILMI KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU

RIZKI PUTRIANI, PUT (2020) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PONDOK PESANTREN MADINATUL ILMI KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RIZKI PUTRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKI PUTRIANI.pdf]
Preview
PDF
Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pondok pesantren Madinatul Ilmi yang merupakan lembaga dakawah yang berorientasi pada pesantren salafi yang mengkaji kitab kitab kuning dengan program diniah, khitobah, kajian dengan masyarakat. Pesantren menerapkan pelayanan publik kepada santrinya, masyarakat, dan siapa saja yang memiliki keperluan dipesantren. Manajemen dan pelayanan publik yang diterapkan terlaksana dengan baik hanya saja selama ini pelayanan yang ada dipesantren ini mengalir begitu saja tidak tertulis secara dokumen, sehingga perlu untuk diketahui seperti apa manajemen pelayanan publik yang diterapkan oleh pesantren Madinatul Ilmi Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder manajemen pelayanan publik Madinatul Ilmi, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelayanan publik yang baik dalam sebuah pesantren, maka dapat menjadikan pesantren tersebut memiliki banyak santri. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pondok pesantren Madinatul Ilmi menerapkan manajemen dengan keseluruhan yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dan pelayanan publik yang diterapkan telah memiliki sistem pelayanan sendiri. Manajemen pelayanan publik yang diterapkan oleh pesantren sudah dapat dikatakan baik, indikator pelayanan publik yang baik sesai denganteori yaitu ada 5, tangibels, emphaty, responsive, realibility, assurance, pelayanan yang diberikan oleh pesantren juga demikian hanya dengan redaksi yang berbeda yaitu ddengan 5 s (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun)sehingga dari indikator yang diterapkan tersebut, menjadi indikator pelayanan publik yang diterapkan oleh pesantren sudah baik. Dari pelayanan yang diberikan dapat memberikan pondok pesantren Madinatul Ilmi dijadikan rujukan pesantren oleh para wali murid dan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:45
Last Modified: 06 Oct 2020 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11919

Actions (login required)

View Item View Item