HADID JUKRUF, JUK (2020) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI KANTOR WILAYAH AGAMA PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF
Download (31MB) | Preview |
Abstract
Public Relation (Humas) adalah bagian dari lembaga yang memiliki fungsi publikasi, men-counter berita dan membuat news release terhadap permasalahan yang terjadi, peran Humas adalah membentuk citra positif lembaga karena Humas merupakan front office dari sebuah lembaga, tugas Humas adalah menumbuhkan, merawat dan meningkatkan citra lembaga di mata Publik. Citra adalah tujuan utama dan sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia hubungan masyarakat (Humas). Sebagai sebuah kementerian, Kementerian Agama menyelenggarakan pelayanan bagi enam Agama yang ada di Indonesia yaitu Islam, Hindu, Budha, Kristen, Protestan dan Konghucu. Maka dari itu Kementerian Agama senantiasa dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kepada publiknya. Masih bertebarannya berita miring, hoax dan salah sasaran yang menyasar Kementerian Agama menjadi fenomena tersendiri, baik untuk pegawai maupun masyarakat. Masalah tersebut dapat mengancam eksistensi lembaga/organisasi, sehingga citra lembaga akan buruk dimata publik. Oleh karena itu penulis ingin menggali lebih jauh lagi tentang strategi apa yang digunakan Humas dalam meningkatkan citra lembaga di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Metodologi penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan alat pengumpul data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, berdasarkan kenyataan di lapangan dengan tujuan untuk memperoleh data yang dibutuhkan, antara lain data primer berupa wawancara langsung dengan 5 informan dan data sekunder berupa jurnal, arsip, referensi dan lainnya yang ada di Kementerian Agama Provinsi Lampung. Berdasarkan data dari lapangan didapatkan hal-hal sebagai berikut, pertama Humas Kanwil menggunakan komunikasi yang baik, karena komunikasi merupakan salah satu strategi yang digunakan Humas untuk menunjang semua aktifitas kehumasan dan kelembagaan, kedua dapat diketahui adanya faktor pendukung, seperti fasilitas yang baik, pendanaan kegiatan yang baik dan hubungan antar lembaga yang terjalin baik dan ada pula faktor penghambat, seperti human eror, program eror dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi kinerja Humas. Sehingga bisa disimpulkan bahwa strategi Humas dalam meningkatkan citra lembaga di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung sudah cukup baik , namun tentunya masih perlu adanya peningkatan kuantitas karyawan maupun fasilitas yang ada sehingga citra lembaga dapat tumbuh dengan lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Najib Ali |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 03:00 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 03:00 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |