ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENYUSUN RUBRIK ANALISIS PADA ASESMENKINERJA PEMBELAJARAN

NINA, WIDIAWATI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENYUSUN RUBRIK ANALISIS PADA ASESMENKINERJA PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT  NINA WIDIAWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI NINA WIDIAWATI 25082020.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM MENYUSUN RUBRIK ANALISIS PADA ASESMEN KINERJA PEMBELAJARAN Oleh : Nina Widiawati Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik pembuatan rubrik analisis pada asesmen kinerja berdasarkan pengalaman mengajar calon pendidik saat praktik pengalaman lapangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan random sampling dari mahasiswa pendidikan biologi semester akhir yang telah mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang berisi formulir pernyataan dengan skala linkert, wawancara untuk memperoleh data terkait kemampuan mahasiswa dalam menyusun rubrik analisis, dan dokumentasi untuk mengetahui kesesuaian rubrik analisis asesmen kinerja dalam RPP sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sebagian calon pendidik dalam menyusun rubrik analisis pada asesmen kinerja masih kurang memadai (35.49%). Kendala yang paling banyak dialami calon pendidik dalam menyusun rubrik analisis pada asesmen kinerja berupa penentuan kriteria rubrik, penyusunan deskripsi rubrik, memadukan materi spesifik biologi dengan kemampuan kerja ilmiah dan juga penskoran pada rubrik analisis. Hal ini menunjukkan bahwa calon pendidik perlu mendapat latihan yang cukup dalam menyusun rubrik penilaian yang spesifik materi biologi guna memaksimalkan kesiapan calon pendidik dalam menyusun rubrik analisis pada asesmen kinerja pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:09
Last Modified: 06 Oct 2020 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item