PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Rendika, Stia Pratama (2020) PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PU9SAT.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG Oleh : Rendika Stia Pratama Npm. 1611080341 Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di ketahui terdapat beberapa peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, kurangnya sumber daya manusia dan tidak adanya tenaga pendidik berprofesi konselor di sekolah tersebut, dan adanya peserta didik di MIN 5 yang memiliki motivasi belajar rendah/menurun menuntut guru kelas untuk berperan sebagai pelaksanan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V di MIN 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode yang digunakan adalah pendekatakan kualitatif design deskriptif. Subjek merupakan seorang guru kelas V di MIN 5 Bandar Lampung yang mengemban tugas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling. Alat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling telah terlaksana, namun masih terdapat dibeberapa peran yang belum terlaksana secara maksimal dalam pelaksanaan layanan bimbingan. Peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling yang telah terlaksana adalah (1) guru berperan sebagai infomator; (2) sebagai motivator; (3) sebagai director; (4) fasilitator; (5) dan mediator. Upaya bantuan yang diberikan guru dalam menjalankan perannya sebagai pelaksanan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dilaksanakan dalam bentuk-bentuk layanan yaitu berupa (1) layanan informasi; (2) Layanan Pembelajaran; (3) Layanan Bimbingan Kelompok; (4) layanan penempatan dan penyaluran. Adapun peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling yang belum terlaksana secara maksimal adalah (1) peran guru sebagai organisator; (2) dan Evaluator, guru tidak merancang program bimbingan konseling dan membuat rencana pelaksanaan layanan (RPL). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru kelas mengenai pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan dan konseling, serta kurangnya sumber daya manusia yang menempuh pendidikan konselor sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:37
Last Modified: 05 Oct 2020 05:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

View Item View Item