EKSPERIMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN ALAT PERMAINAN LEARNING SKILLS BOOK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK KHAZANAH KID’S SCHOOL BANDAR LAMPUNG

Dinda Zazkia, Putri Maspati (2020) EKSPERIMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN ALAT PERMAINAN LEARNING SKILLS BOOK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK KHAZANAH KID’S SCHOOL BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of POTO.jpeg]
Preview
Image (JPEG)
Download (136kB) | Preview
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK EKSPERIMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN ALAT PERMAINAN LEARNING SKILLS BOOK DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK KHAZANAH KID’S SCHOOL BANDAR LAMPUNG Oleh : Dinda Zazkia Putri Maspati Npm. 1611080314 Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan penting yang perlu distimulasi sejak dini, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan terdapat anak yang perkembangan kognitifnya belum berkembang sangat baik, dalam membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini layanan bimbingan belajar dengan media alat permainan learning skills book sangat diperlukan dalam proses pemberian bantuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan belajar dengan alat permainan learning skills book dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK B Khazanah Kid’s School Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek merupakan salah satu anak murid kelas TK B yang perkembangan kognitifnya belum berkembang sangat baik dibanding teman-teman lainnya. Alat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi (rating scale) dan catatan anekdot. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada perkembangan kognitif setelah dilakukan eksperimentasi layanan bimbingan belajar dengan alat permainan learning skills book. Persentase skor yang diperoleh subyek pada kondisi baseline-1 (A) dalam tiga sesi adalah 33, 33, 33. Pada saat intervensi (B) terdapat enam sesi dengan persentase skor 51, 75, 81, 84, 94, 94. Sementara pada kondisi baseline-2 (A’) persentase skor dalam tiga sesi adalah 83, 90, 90. Berdasarkan perolehan data, eksperimentasi layanan bimbingan belajar dengan alat permainan learning skills book dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini berpengaruh positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan level 0% pada fase baseline-1, 43% pada fase intervensi dan 7% pada fase baseline-2. Keberhasilan dapat dilihat dari persentase overlap yang rendah (0%). Secara keseluruhan eksperimentasi layanan bimbingan dengan alat permainan learning skills book dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK B Khazanah Kid’s School Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:31
Last Modified: 05 Oct 2020 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item