PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS), INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP NILAI AKTIVA BERSIH DANAREKSA SYARIAH BERIMBANG

M. THOHA JF, AL KARIM (2020) PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS), INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP NILAI AKTIVA BERSIH DANAREKSA SYARIAH BERIMBANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI M. THOHA JF AL KARIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan reksa dana syariah di Indonesia memberikan pilihan-pilihan investasi yang variatif. Salah satu produk reksa dana syariah yaitu Danareksa Syariah Berimbang yang dikelola oleh manajer investasi dari PT Danareksa Investment Management. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui pengaruh Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang, bagaimanakah pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang?, bagaimanakah pengaruh nilai tukar rupiah terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang? dan Apakah Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah berpengaruh secara simultan terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang? Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif merupakan cara berfikir yang bertujuan untuk mencari pola yang berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap suatu variabel, untuk menentukan bagian, hubungan antar bagian, dan hubungannya dengan keseluruhan. Metode analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini semua data Danareksa Syariah Berimbang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik Non-Probability Sampling, yaitu purposive sampling, sempel dalam penelitian ini dari periode januari 2016- desember 2018 diperoleh sempel sebanyak 36 sempel. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang, terdapat pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang, terdapat pengaruh nilai tukar rupiah terhadap nilai aktiva bersih danareksa syariah berimbang. Hasil uji regresi ditemukan bawa secara simultan variabel Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Indeks Harga Saham Gabungan (ISHG) dan Nilai tukar rupiah berpengaruh terhadap Nilai Aktiva Bersih Danareksa Syariah Berimbang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:02
Last Modified: 30 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item