PENGARUH DANA BAGI HASIL DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN KOTE SEPROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2013-2018

DHEO NIBRAS, NUR AHNAF (2020) PENGARUH DANA BAGI HASIL DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN KOTE SEPROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERIODE 2013-2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DHEO NIBRAS NUR AHNAF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi merupakan upaya peningkatan kapasitas produksi untuk mencapai penambahan output, yamg di ukur menggunakan produk domestk bruto.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Apakah terdapat pengaruh Dana Bagi Hasil terhadap pertumbuhan eknomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung selama tahun 2013-2018? Apakah terdapat pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap pertumbuhan eknomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung selama tahun 2013-2018? Apakah terdapat pengaruh Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum secara simultan terhadap pertumbuhan eknomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung selama tahun 2013-2018? Bagaimanakah pandangan Ekonomi Islam mengenai pertumbuhan eknomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung? Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh Dana Bagi Hasil terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kota Se-Provinsi Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam periode 2013-2018. Untuk mengetahui pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kota Se- Provinsi Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam periode 2013-2018. Untuk mengetahui pengaruh Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kota Se-Provinsi Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam periode 2013-2018. Untuk menganalisis pandangan Ekonomi Islam mengenai pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang di gunakan merupakan data sekunder yang di peroleh dari data publikasi BPS Provinsi Lampung dan Direktorat Jenderal Perimbangan dan Keuangan. Populasi penelitian ini adalah data Dana Bagi Hasil,Dana Alokasi Umum dan Pertumbuhan Ekonomi dengan sampel 6 tahun dari 2013-2018. Sampel yang digunkan berjumlah 8 terdiri dari 6 kabupaten dan 2 kota yaitu tanggamus, lampung selatan, lampung tengah, lampung utara, tulang bawang barat, tulang bawang, bandar lampung, dan metro. Analisis data yang di gunakan adalah analisis Regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS-22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Dana Bagi Hasil berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung. Dana Alokasi umum berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung. Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum secara simulan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung. Pertumbuhan ekonomi dalam perspektif ekonomi Islam yaitu Khilafah yang berarti bertanggung jawab sebagai pemegang amanah Allah dimuka bumi dalam mengelola Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum dalam kegiatan ekonomi dan sosial secara adil dan merata untuk kesejahteraan masyarakat sesuai dengan QS Al- A‟raff:96 tentang rizki yang Allah berikan kepada umatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:48
Last Modified: 30 Sep 2020 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item View Item