ANALISIS KONTRIBUSI INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN INDUSTRI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Mustakhiqul, Jamil (2020) ANALISIS KONTRIBUSI INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR LINGKUNGAN INDUSTRI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover_bab1-2_dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (674kB) | Preview
[thumbnail of skripsi_full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sebuah perusahaan bukan lagi sebagai entitas yang mementingkan diri sendiridalam berbisnis atau ekslusivitas dari masyarakat melainkan sebuah entitas atau badan hukum yang wajib melakukan adaptasi sosialcultural dengan lingkungan dimana ia berada, serta dapat dimintai pertanggung jawabannya. PT. Budi Starch & Sweetener Desa Rajabasa lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabubaten Lampung Timur merupakan salah satu perusahaan melakukan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab dodisl perusahaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaruh kontribusi industri tepung tapioka PT. Budi Starch & Sweetener Desa Rajabasa lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabubaten Lampung Timur terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan industri, Bagaimana kontribusi industri tepung tapioka PT. Budi starch & sweetener untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan industri ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh adanya industri tepung tapioka PT. Budi starch & sweetener terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan industri dan Untuk mengetahui bagaimana wujud peran industri PT. Budi starch & sweetener dalam peningkataan kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan industri ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel ialah menggunakan Slovin yang digunakan berjumlah 80 responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel kontribusi industri tepung tapioka berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, Hal ini ditunjukkan dengan H1 di peroleh perolehan hasil uji t yaitu sebesar thitung > ttabel atau dengan nilai signifikansi X terhadap Y sebesar 0,922 > 0,220 CSR industri tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan R Square diperoleh hasil sebesar 0,011, hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel (X) yaitu CSR sebesar 1,1% . Kesimpulan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat sebesar 1,1%. Sedangkan sisanya 8,9% dipengaruhi oleh Indikator lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam sesuai dengan prinsipnya yaitu keseimbangan dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:43
Last Modified: 29 Sep 2020 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item