IMPLEMENTASI PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI TENTANG AKHLAK PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH 1, LAMPUNG UTARA

MOCH. ZAINAL ARIFIN HASAN, HAS (2020) IMPLEMENTASI PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI TENTANG AKHLAK PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH 1, LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS MOCH. ZAINAL ARIFIN HASAN .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of tesis 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Moch. Zainal Arifin Hasan : Implementasi Pemikiran Az-Zarnuji Tentang Akhlak Peserta Didik Di Pondok Pesantren Futuhiyyah 1, Lampung Utara. Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim; Akhlak Peserta Didik Terhadap pendidik dan sesama, Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim merupakan literature klasik yang membahas tentang mengedepankan akhlak, demi tercapainya kemanfaatan dan keberkahan ilmu. Meskipun kecil dan dengan judul yang seakan-akan hanya membahas metode belajar, sebenarnya esensi dari kitab ini juga mencakup tujuan, prinsip – prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious. Melihat situasi peserta didik khususnya di kalangan santri belakangan ini, sangatlah menarik untuk dibahas terkait ahlak peserta didik. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang (1) Pemikiran az-zarnuji terkait ahlak peserta didik terhadap pendidik. (2) Implementasi pemikiran az-zarnuji tentang ahlak peserta didik terhadap pendidik di pondok pesantren futuhiyyah 1, Lampung Utara (3) Pemikiran az-zanuji tentang ahlak peserta didik terhadap sesama di pondok pesantren futuhiyyah 1, Lampung Utara. Tesis ini meneliti secara mendalam tentang Implementasi Tentang Akhlak Peserta Didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipergunakan, karena penulis mencoba melihat, mengamati dan menela‟ah implementasi kitab Ta‟lim al-Muta‟allim dalam pembentukan Akhlak Peserta Didik, yang tidak mungkin dilakukan dengan analisa angka-angka dan statistik sebagaimana yang lazim dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta‟lim Muta‟allim mengandung pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan Akhlak Peserta Didik. Kitab Ta‟lim alMuta‟allim memberikan perhatian penuh pada cara-cara yang seharusnya dilakukan oleh para penuntut ilmu. Dari semua bab yang ada dalam kitab ini, semuanya berkonsentrasi pada perbaikan akhlak, sehingga menjadikan kitab ini identik dengan kitab yang membahas tentang ilmu pengetahuan tentang ahlak. Dari berbagai keterangan yang ada tentang ilmu pengetahuan sebagian besar berkonsentrasi pada perbaikan akhlak yang harus dilakukan oleh peserta didik dalam menuntut ilmu. Tujuan pembelajaran kitab Ta‟lim al-Muta‟allim yang diterapkan di Pondok Pesantren Futuhiyyah 1, Lampung Utara adalah untuk membentuk kepribadian santri yang beradab, bermoral, berahlak dalam belajar dan meningkatkan semangat santri dalam menuntut ilmu untuk menghasilkan buah ilmu yang maslahah dan bermanfaat untuk dirinya maupun untuk orang lain. Kata Kunci: Implementasi, Kitab Ta‟limul Muta‟alim, Ahlak Peserta didik , Pendidik Dan sesama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:28
Last Modified: 28 Sep 2020 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item