ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS DAYA SAING BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PROSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi pada PT. Makkah Multazam Safir dan Al Madinah)

H.M. Nasrun Nazaruddin, NAZ (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS DAYA SAING BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PROSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi pada PT. Makkah Multazam Safir dan Al Madinah). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesuksesan usaha biro pejalanan haji dan umroh adalah adanya kualitas pelayanan baik dari proses persiapan, keberangkatan, sampai pada kepulangan haji dan umroh serta menggunakan strategi pemasaran yang jitu. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan kualitas pelayanan dalam upaya peningkatan kualitas daya saing biro perjalanan haji dan umroh pada PT. Makkah Multazam Safir & Al Madinah Tour & Travel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih adalah komisaris PT, bagian humas, bagian administrasi, jamaah PT. Makkah Multazam Safir& Al Madinah Tour & Travel. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil data dianalisa dengan menggunakan strategi reduksi data, display data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran PT. Makkah Multazam Safir & Al Madinah Tour & Travel yakni dengan menyediakan variasi produk sesuai dengan minat dan kemampuan pelanggan yang pelaksanaan distribusinya dilakukan secara koorporat dan perorangan.Selainitu, kualitas pelayanan PT. Makkah Multazam Safir & Al Madinah Tour & Traveldapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tepatnya waktu keberangkatan, tempat tinggal dekat dengan pusat atau sarana ibadah, konsumsi dengan menu Indonesia, dan pembimbing yang memberikan kinerja dengan baik dan cukup memuaskan bagi jamaah. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran harus terus dilakukan agar kepercayaan pelanggan dapat terus terjaga bahkan terus meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:25
Last Modified: 28 Sep 2020 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item