KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA MI MATHLAUL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG

AMRI KULSUM, kul (2020) KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA MI MATHLAUL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP AMRI KULSUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[thumbnail of tes  AMRI KULSUM.pdf]
Preview
PDF
Download (586kB) | Preview

Abstract

NIM: 1786131021 Kepala sekolah adalah disamping sebagai tenaga pendidik, juga sebagai tenaga kependidikan yang memiliki peran penting bagi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sebagai guru, kepala sekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar kepada para peserta didik. Sebagai tenaga kependidikan, kepala sekolah harus memiliki tugas penting dalam mengelola administrasi sekolah agar menjadi maju. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan mutu yang ada di MI Mathlaul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan pengumpulan data melalui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Pengumpulan data berakhir setelah peneliti tidak menemukan data baru, kemudian penulis mengulas dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: Pertama Mendemonstrasikan kepemimpinan, Yang meliputi tindakan untuk mengambil inisiatif, memberikan contoh yang baik, memimpin para bawahan atau pengikut dan memberikan inspirasi bagi rekan-rekannya, dan menunjukkan komitmennya terhadap kualitas. Kedua Membangun kesadaran, meliputi pendidikan secara mandiri pada proses kepemimpinan kualitas, mendikusikan kepemimpinan kualitas, dan membantu para pengikut menjadi lebih sadar terhadap kualitas. Juga membuat tata tertib madrasah juga bias memberikan kesadaran akan adanya hak dan kewajiban yang mesti di taati. Ketiga Menciptakan dorongan untuk mencapai tujuan, Keempat Fokus pada pelanggan, yaitu mengerti kebutuhan pelanggan, harapan, dan persyaratan pelanggan, mengetahui kepuasan pelanggan, mau mendengarkan pelanggan, dan melibatkan pelanggan dalam perencanaan dan pembuatan keputusan. Kelima Pengembangan kerja tim yaitu pembagian kerja yang logis, keenam Memberikan dukungan, pelatihan, dan pendidikan .Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran. Ketujuh Membangun tanggapan dan kepercayaan yaitu proses aktif pertukaran pesan dari satu pihak kepada pihak lain. Kedelapan Menciptakan lingkungan yang mempromosikan continuous improvement Kesembilan Menciptakan lingkungan yang mempromosikan continuous improvement, yang meliputi memandang masalah sebagai kesempatan, melaksanakan perbaikan, menguji nilai kebijakan, praktek, dan prosedur dan menghilangkan rasa ketakutan Kesepuluh Menggunakan tim yang melaksanakan proses.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:29
Last Modified: 28 Sep 2020 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item