UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA MA MATHLA’UL ANWAR GUNUNG LABUHAN WAY KANAN

KHAEIRUL HUDA ABM, abm (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA MA MATHLA’UL ANWAR GUNUNG LABUHAN WAY KANAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis KHAEIRUL HUDA ABM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of TESIS 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Remaja yang sedang mengalami perubahan cepat dalam tubuhnya memerlukan kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan perubahan tersebut. Berbagai upaya baik dari pihak orang tua, guru maupun orang dewasa lainnya, amat diperlukan. Salah satu peran guru adalah sebagai pembimbing dalam tugasnya yaitu mendidik, guru harus membantu murid-muridnya agar mencapai kedewasaan secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Selff Control Siswa di MA Mathla’ul Anwar Gunung Labuhan Way Kanan?” Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah seorang Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Madrasah dan wakilnya serta sejumlah siswa MA Mathla’ul Anwar Gunung labuhan Way Kanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif, dengan langkah-langkah : mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan sub-sub fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa dalam aspek kognitif control di MA Mathla’ul Anwar Gunung Labuhan Way Kanan yaitu dengan membiasakan siswa membaca buku dan bukan sekedar buku bacan saja melainkan mengajarkan kepada siswa agar membiasakan membac al-Quran dan mengarahkan siswa kepada buku-buku sejarah periode keemasan Islam. Kognitif siswa akan berkembang apabila dibiasakan membaca. Kedua, upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa dalam aspek decisional control di MA Mathla’ul Anwar Gunung Labuhan Way Kanan yaitu melakukan sesi tanya jawab di akhir pembelajaran di mana siswa meminta penjelasan atau keterangan dari materi yang belum difahami dan sebuah motivasi supaya siswa giat bertanya seperti pemberian bonus nilai sebagai penghargaan atas mengaktifkan siswa dalam bertanya, kegiatan keputrian, tugas individu mini riset dilembaga-lembaga tertentu, dan serta memberikan kegiatan kepada siswa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan dengan mandiri. Ketiga, upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa dalam aspek behavior control di MA Mathla’ul Anwar Gunung Labuhan Way Kanan adalah dengan memberikan teladan yaitu sikap mencontohkan perilaku baik kepada siswa dengan demikian dapat dijadikan panutan siswa berperilaku baik, pemberian hukuman/sanksi kepada siswa dilakukan, hal ini diharapkan membuat jera dan tidak mengulangi perilaku menyimpang lagi, dan seorang guru pun harus mengetahui karakter anak didiknya dibutuhkan kemampuan sosial dengan siswa sehingga memuncul interaksi antara siswa dan guru, dan apabila siswa mempunyai masalah dengan sendirinya akan meminta nasihat kepada gurunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:23
Last Modified: 28 Sep 2020 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item