METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH 1 KABUPATEN LAMPUNG UTARA

ULFATUN MARDHIYAH, mar (2020) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FUTUHIYYAH 1 KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an. Dalam era globalisasi sekarang ini penulis sering sekali mendapati para santri yang memiliki semangat kuat untuk menghafal Al Quran, akan tetapi tidak sedikit pula para santri yang gagal dalam menghafal Al Quran berangkat dari itu penulis tertarik ingin mengetahui bagaimana para santri dapat menghafal Al Quran yang berjumlah 30 Juz, karna program tahfidz Al Quran ini juga memiliki beberapa hambatan yang berdampak pada anak didik, yang nantinya akan berdampak tidak baik pada siswa, sehingga hanya akan berhenti dan mengulang-ulang hafalan pada ayat-ayat pendek dan tidak mempunyai kemajuan. beberapa yaitu kurangnya bimbingan orang tua dan perhatian orang tua kepada anak, jika dalam Al Quran yang sering di pakai para santri dalam menghafal Al Quran adalah Al Quran dari menara kudus dimana sering disebut Al Quran pojok, karena disetiap pojok Al Quran itu pasti ahir suatu ayat dari suratan Al Quran tertentu, kata para santri itu akan lebih mudah untuk mengingat hafalan, dalam satu juz terdapat sepuluh halaman, jadi jika hafal 30 Juz berarti hafal 300 halaman, hingga selesai (khatam Al Quran bil ghoib, bahkan hafal akan terjemah dan tafsirnya), bagaimana pelaksanaanya, dan apa yang menjadi penghambat dalam menghafal Al Quran. Dari uaraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimna program pelaksanaan dan siapa sajakah yang perlu berperan untuk membuat program pembelajaran tahfidz dan program pendidikan tetap berbanding seimbang bagi prestasi peserta didik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji dan melakukan penelitian tentang Metode Pembelajaran Tahfidz Alquran di Pondok Pesantren Futuhiyyah 1 Kabupaten Lampung Utara, dengan rumusan masalah: Metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidz, Bagaimna Keberhasilan Metode Pembelajaran Tersebut, dan factor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidz Al Quran di Pondok Pesantren Futuhiyyah 1 Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan jenis penelitianya deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, menggunakan tekhnik triangulasi sumber dan metode untuk keabsahan data, Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Pondok Pesantren Futuhiyyah 1, Bukit Kemuning, Lampung Utara, merupakan salah satu di antara pondok -pondok pesantren yang ada di kecamatan Bukit Kemuning, yang didirikan pada tahun 1986 M oleh KH. Abdul Wahid dan digantikan oleh KH, Mukhlas, M.H.I pada tahun 1990 M. bukan hanya pondok pesantren saja Pondok Pesantren Futuhiyyah Juga memiliki beberapa lembaga formal seperti MTs, MSPT, MA, SMK Kes, dan Sekolah Tinggi Ilmu Syari‟ah Sultan Fatah. Namun demikian Pondok Pesantren Futuhiyyah tidak menghilangkan salah satu budaya tradisional pesantren yaitu Tahfidz Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:19
Last Modified: 28 Sep 2020 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11844

Actions (login required)

View Item View Item