EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DWI, NOVIANTI (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DWI NOVIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh : DWI NOVIANTI Minat belajar adalah perasaan suka dan senang dalam belajar tanpa paksaan dari pihak lain, peserta didik yang memiliki minat belajar akan selalu memperhatikan saat pelajaran berlangsung dan mengingat pelajaran secara terus menerus, memiliki ketertarikan dalam belajar dan ikut berperan aktif dalam kegiatan belajar. Namun kenyataan yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung terdapat sebagian peserta didik yang masih memiliki minat belajar yang rendah sehingga perlu diadakannya upaya meningkatkan minat belajar peserta didik menggunakan pemberian layanan informasi dengan teknik blended learning. Minat belajar yang rendah banyak terdapat pada peserta didik di kelas X IPS 4 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan layanan informasi dengan menggunakan teknik blended learning dalam meningkatkan minat belajar pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis metode quasi eksperimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik kelas X IPS 4 yang memiliki minat belajar rendah yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing dilakukan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar, wawancara, observasi, dokumentasi, dan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pretest 75,8 dan nilai posttest 81,7 meningkat setelah pemberian layanan informasi dengan teknik blended learning. Dan juga diketahui nilai hasil Sig. (2-tailed) lebih kecil dari angka probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan informasi dengan menggunakan teknik blended learning efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:02
Last Modified: 21 Sep 2020 06:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item