PENGARUH KONSELING TEMAN SEBAYA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MUHAMAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DWI, OKTAVIANA (2020) PENGARUH KONSELING TEMAN SEBAYA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MUHAMAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DWI OKTAVIANA BAB2,DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DWI OKTAVIANA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ENGARUH KONSELING TEMAN SEBAYA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Dwi Oktaviana 1611080294 Interaksi sosial adalah hubungan antara orang-orang secara individual, antar kelompok dengan kelompok, dan orang perorangan dengan kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain. Namun kenyataan yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung masih terdapat peserta didik kelas X yang memiliki interaksi sosial rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik dengan menggunakan layanan konseling teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling teman sebaya dengan memamfaatkan media sosial dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik pada kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 peserta didik dikelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang memiliki interaksi sosial yang rendah. Bedasarkan hasil perhitungan adanya penaikan angka dari sebelum diberikan perlakuan (pre-test) yaitu sebesar 455 dengan sesudah diberikan perlakuan (post-test) yaitu sebesar 597. Serta hasil uji Wilcoxon signed Rank diperoleh nilai Asymp. Sig. (2- tailed) pada uji-z adalah sebesar ,012 kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolok dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa layanan konseling teman sebaya dengan memanfaatkan media sosial berpengaruh dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:06
Last Modified: 21 Sep 2020 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item