EFEKTIVITAS BEHAVIOR CONTRACK DAN TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN PENGGUNAAN SMARTPHONE ADIKSI PADA PESERTA DIDIK UPT SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

RAHMAT, PRANDANI (2020) EFEKTIVITAS BEHAVIOR CONTRACK DAN TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN PENGGUNAAN SMARTPHONE ADIKSI PADA PESERTA DIDIK UPT SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT RAMDANI BAB 2 DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT RAMDANI FULL1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS BEHAVIOR CONTRACK DAN TOKEN ECONOMY DALAM MENURUNKAN PENGGUNAAN SMARTPHONE ADIKSI PADA PESERTA DIDIK UPT SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 OLEH RAHMAT PRANDANI 1611080295 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas konseling individu dengan teknik Behavior Contract dan Token Economi untuk mengurangi penggunaan smartphone adiksi secara berlebihan pada peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Metode berbentuk eksperimen dengan menggunakan Single subject serta desain penelitian A-B. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pengaruh konseling individu dengan teknik Behavior Contract dan Token Economi, serta Variabel terikat yaitu penggunaan smartphone adiksi secara berlebihan pada peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Populasi berjumlah 10 peserta didik, dengan sampel 1 peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah single subject, instrumen yang digunakan adalah berupa angket. Pada peserta didik dilakukan Baseline dan Intervensi dengan memberikan instrumen berupa angket penggunaan smartphone adiksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individu dengan menggunakan teknik behavior contract dan token ekonomi berpengaruh untuk mengurangi penggunaan smartphone adiksi secara berlebihan pada peserta didik. Berdasarkan hasil Baseline dan Intervensi peserta didik dianalisis dengan hasil 10 < 5,8. Sehingga dapat dikatakan bahwa konseling individu dengan teknik Behavior Contract dan Token Economi dapat mengurangi perilaku penggunaan smartphone adiksi secara berlebihan pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:57
Last Modified: 21 Sep 2020 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11809

Actions (login required)

View Item View Item