Implementasi Lelang Dan Penetapan Harga Lelang Pada Barang Jaminan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung)

FISKA, ARISYA (2020) Implementasi Lelang Dan Penetapan Harga Lelang Pada Barang Jaminan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of full skripsi FISKA ARISYA_compressed.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of skripsiFISKA ARISYA bab1-2 & dapus_compressed.pdf]
Preview
PDF
Download (859kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pegadaian syariah adalah lembaga keuangan non bank yang menjalankan tugasnya berdasarkan prinsip islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Lelang Barang Jaminan Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Dan Bagaimana Penetapan Harga Lelang Barang Jaminan Dalam Perspektif Ekonomi Islam, kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang ada untuk selanjutnya ditelaah secara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan populasi yaitu seluruh Karyawan dan Nasabah Lelang dengan sampel yang digunakan yaitu menggunakan metode nonproability sampling yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan 6 Orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yaitu seluruh data yang dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti dapat bahwa tidak adanya pelaksanaan lelang barang jaminan di Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung. Pada praktiknya pihak Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung hanya menjual barang jaminan lelang tersebut dengan sistem jual beli, atau menawarkan secara langsung kepada karyawan pegadaian yang lain. Dikarenakan terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung dalam melakukan pelelangan barang jaminan, yaitu: pertama, dunia usaha sedang lemah sehingga minat untuk membeli barang lelang menurun. Kedua, tidak adanya pembeli barang jaminan yang dilelang. Ketiga, berubah-ubahnya harga pasar terhadap barang jaminan. Keempat, proses pemberitahuan lelang yang tidak sampai pada pihak nasabah atau masyarakat. Kelima, sulitnya pihak pegadaian menjual sisa barang yang dilelang. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh dari para nasabah Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung, bahwa prinsip-prinsip ekonomi islam belum diterapkan dengan baik oleh Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung, dikarenakan tidak adanya unsur keseimbangan, keadilan, dan kejujuran. Pihak Pegadaian Syariah Cabang Raden Intan Bandar Lampung belum menerapkan sifat kejujuran dan transparan terhadap penetapan harga barang jaminan dari hasil penjualan lelang barang jaminan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:54
Last Modified: 16 Sep 2020 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item