ANALISIS SWOT TERHADAP STARTEGI PEMASARAN PRODUK RAHN TASJILY TANAH DALAM MENARIK MINAT NASABAH

SELVIRA, YANITIA (2020) ANALISIS SWOT TERHADAP STARTEGI PEMASARAN PRODUK RAHN TASJILY TANAH DALAM MENARIK MINAT NASABAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab1,2  sielvia.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview
[thumbnail of skripsi selvira yanitia_1651020259...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pegadaian syariah adalah lembaga keuangan non bank yang menjalankan tugasnya berdasarkan prinsip islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran yang Diterapkan Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan dalam Memasarkan produk Rahn Tasjily Tanah dan Bagaimana Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran yang Diterapkan tersebut kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang ada untuk selanjutnya ditelaah secara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan populasi yaitu seluruh Karyawan dan Nasabah yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 karyawan dan 10 nasabah produk rahn tasjily tanah Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan Lampung. Dengan sampel yang digunakan yaitu menggunakan metode nonprobability sampling yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 karyawan yang merupakan pimpinan cabang dan pengelola agunan dan 5 nasabah produk rahn tasjily tanah Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan Lampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yaitu seluruh data yang dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi pemasaran yang diterapkan Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran. Dalam teknik pemasaran yang diterapkan seperti sosialisasi rahn tasjily tanah, literasi, periklanan. Produk rahn tasjily tanah ini merupakan produk terbaru yang dikeluarkan sejak tahun 2018 dan berdasarkan fatwa MUI No. 68/DSN- MUI/III/2008 tentang Rahn Tasjily. Berdasarkan hasil analisis SWOT strategi pemasaran produk rahn tasjily tanah dalam menarik minat nasabah pada Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan yang dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Kekuatan yang dimiliki Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan adalah terkenal luasnya perusahaan pegadaian dan memiliki citra yang baik, pelayanan yang cepat, mudah dan aman. Kelemahan yang dimiliki Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan adalah kurangnya pengetahuan pegawai terkait produk rahn tasjily tanah sehingga mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran. Peluang yang dihadapi Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan adalah keunggulan dari produk rahn tasjily tanah ini yang memudahkan masyarakat yang sedang membutuhkan dana besar untuk usahanya. Dan Ancaman yang dihadapi Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan terdapat produk yang serupa dengan perusahaan lain sehingga menambah tingkat persaingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:44
Last Modified: 16 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item