TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGELOLAAN DANA INVESTASI ASURANSI (TAKAFUL) (Studi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin, Way Halim, Bandar Lampung)

YOGA ANUGRAH PUTRA, PUT (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGELOLAAN DANA INVESTASI ASURANSI (TAKAFUL) (Studi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin, Way Halim, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asuransi syariah secara sederhana diartikan sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang. Kegaiatan berasuransi memiliki dua jenis akad yang diterapkan yaitu akad Tabarru dan Tijarah sebagai dasar dalam melakukan transaksi atau kegiatan usaha yang memperoleh keuntungan. Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan asuransi adalah suatu kegiatan usaha yang dimana kegaiatan tersebut mendapatkan suatu keuntungan. Salah satu kegiatan asuransi yang ada di PT. Asuransi Jiwa Al-AMIN Bandar Lampung ini ialah asuransi sebagai pengelolaan dan penggunaan dana premi yang didapat dari nasabah setiap bulannya berkisar 30% Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan dana asuransi syariah dengan sistem takaful dalam menggunakan akad tabarru dan akad tijarah di PT. Asuransi Jiwa Al- AMIN 2) Bagaimana Tinjuan Hukum Islam Terhadap pengelolaan dana di PT. Asuransi Jiwa Al AMIN. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiaman praktik pengelolaan dan penggunaan dana premi dari nasabah menggunakan akad tabarru dan akad tijarah dan untuk mengetahui praktik tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan dan penggunaan dana premi nasabah menggunakan akad Tabarru dan Tijarah menggunakan sistem Takaful, Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang sifatnya deskriptif analisis yaitu mempaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang jelas mengenai situasi yng terjadi kemudian di analisis, maka jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kedua akad yaitu akad Tabarru dan akad Tijarah di PT.Asuransi jiwa Al-AMIN, dalam pengeloalan dana yang didapat dari premi nasabah dijadikan bisnis untuk meraih keuntungan bagi perusahan apabila nasabah tidak mengalami klaim, yang seharusnya digunkan surflus yaitu bagi keuntungan secara cuma cuma untuk nasabah Asuransi syariah berpengangan pada syariat Islam, MUI dalam fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 53/DSN-MUI/III/2006 menegaskan aturan keuntungan dalam melakukan kegiatan usaha atau praktik asuransi syariah tidak boleh terdapat unsur gharar (penipuan) dan unsur (riba). Tujuan dari berasuransi syariah itu sendiri adalah tolong menolong apalagi PT. Asuransi Jiwa AL- AMIN menggunakan sistem takaful maka asuransi yang bertujuan memperoleh keuntungan tidak diperbolehkan, karena dapat merugikan nasabah apabila tidak ada yang mendapatkan klaim,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:22
Last Modified: 16 Sep 2020 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item