PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION BOX BERBASIS SAINTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG

RISNAWATI, RIS (2020) PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION BOX BERBASIS SAINTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RISNAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION BOX BERBASIS SAINTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG Oleh RISNAWATI Berdasarkan hasil pra penelitian di SMP Negeri 34 Bandar Lampung diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan hanyalah sebatas power point dan tenaga pendidik masih kesulitan mengaplikasikan Saintific Approach Pengembangannya mencakup dua hal pokok, yaitu media dan materi.Kekurangan media pembelajaran yang selama ini digunakan dari segi desain yaitu, format kurang menarik dan terkesan sederhana, isi berupa teks dan diagram, warna biru saja dan tidak menggunakan teknik pembuatan. Selanjutnya segi materi dalam penyampaiannya tidak jelas, tidak sistematis, tidak terperinci. Berdasarkan hal tersebut, penulisan merumuskan masalah,“Bagaimana pengembangan media pembelajaran Explosion Box Berbasis Saintific Approach guna menujang penguasaan materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di tingkat SMP/MTS? Bagaimana kelayakan media Explosion Box Berbasis Saintific Approach guna menujang penguasaan materi siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di tingkat SMP/MTS, bersumber pada penilaian dari pakar media dan materi ? Bagaimana responden peserta didik terhadap media Explosion Box Berbasis Saintific Approach?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Explosio Box Berbasis Saintific Approach, kelayakan, kemanfaatan, kemenarikan dalam ranah kognitif apektif dan psikomotorik peserta didik.. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall sampai dengan langkah 7. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian ini adalah; 1) Menghasilkan produk berupa kotak Explosion Box berbasis Saintific Approach sebagai media pembelajaran; kualitas produk yang telah dikembangkan adalah “sangat layak” dengan persentase berdasarkan penilaian ahli media, 92,70% Dalam katagori “Sangat Layak”, dan oleh ahli materi sebesar 89,81% dalam katagori “Sangat Layak” 2) Respon peserta didik yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji sekala besar kelas VIII dengan persentase kelayakan 85,55% dalam katagori “Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa Explosion Box berbasis Saintific Approach sudah mememenuhi kriteria valid/ sangat layak untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:54
Last Modified: 09 Sep 2020 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item