STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NURUL HAFIZAH, HAF (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of NURUL HAFIZAH 1351010290 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar tradisional memegang peran penting sebagai titik tumpu perekonomian masyarakat, keberadaan pasar tradisional merupakan salah satu sektor penting yang mendukung perekonomian rakyat. Namun keadaan yang ada pasar tradisional identik dengan citra negatif. Untuk itu, agar bisa bersaing dengan pasar modern dan mampu terus beroperasi diperlukannya pengembangan pasar berupa revitalisasi. Revitalisasi pasar tradisional yang dilakukan diharapkan tidak hanya berdampak pada perbaikan aspek fisik pasar tetapi berdampak terhadap aspek manajemen serta aspek ekonomi dengan tujuan dapat meningkatkan kepuasan pedagang. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung dan bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang menurut perspektif ekonomi Islam di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah, sedangkan dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pedagang terhadap pengembangan pasar yang dilakukan dipasar Bambu Kuning hanya aspek kemampuan fisik (Tangible) saja berdampak positif sedangkan untuk Keandalan (Reliabilly) dan Jaminan (Assurance) membawa dampak negatif, perlu ditingkatkan dalam pemeliharan pasar oleh UPT pasar Bambu Kuning. Dalam prinsip ekonomi Islam pengembangan pasar yang dilakukan pasar Bambu Kuning hanya 2 (dua) saja yang memenuhi prinsip ekonomi Islam yaitu khilafah dan ma’ad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:27
Last Modified: 09 Sep 2020 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item