TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENGAWASAN TENAGA KERJA ASING MENURUT PERATURAN PRESIDEN NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG TENAGA KERJA ASING

Kartika Andharista, And (2020) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PENGAWASAN TENAGA KERJA ASING MENURUT PERATURAN PRESIDEN NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG TENAGA KERJA ASING. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah menerapkan peraturan baru mengenai penggunaan tenaga kerja asing di Indonesia yakni dengan mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Tenaga Kerja Asing menimbulkan pertentangan ditengah- tengah masyarakat. Pihak-pihak yang pro menganggap perpres tersebut akan memberikan investasi lebih banyak dari luar negeri, sedangkan pihak yang kontra justru merasa perpres tersebut akan membuat arus kedatangan pekerja asing ke dalam negeri semakin deras. Rumusan Masalah dari penelitian ini yakni bagaimana peraturan presiden No. 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing? serta bagaimana peraturan presiden No. 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing ditinjau menurut fiqh siyasah?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peraturan presiden No. 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing yang ditinjau menurut fiqh siyasah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif analisis yakni mengambarkan atau menjelaskan secara tepat mengenai tinjuan fiqh siyasah terhadap Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian yaitu: Pertama, Maksud dan tujuan dari penggunaan tenaga kerja asing adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan memberi kesempatan kerja yang layak bagi warga negara Indonesia di berbagai lapangan dan tingkatan. Tenaga kerja asing yang diperbolehkan bekerja di Indonesia hanya dibidang pekerjaan yang tidak dikuasai oleh orang Indonesia. Pengawasan perburuhan/ketenagakerjaan dilakukan dengan mengawasi pelaksanaan hak-hak normatif pekerja. Kedua, Tinjauan fiqh siyasah terhadap Perpres Nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing yaitu menjadi lingkup fiqh siyasah dauliyah. Dalam perspektif hukum Islam, keluarnya Peraturan Presiden No. 20 tahun 2018 merupakan hal yang mubah dan tidak bertentangan dengan kaidah hukum Islam. Hal ini dikarenakan maksud dan tujuan lahirnya Perpres No. 20 tahun 2018 untuk menjamin dan memberi kesempatan kerja yang layak bagi warga negara Indonesia di berbagai lapangan merupakan wujud menciptakan kesejahteraan rakyat dan kemaslahatan ummat yang telah sesuai dengan teori fiqh siyasah. Ketentuan yang berlaku di Indonesia mengenai pengawasan tenaga kerja asing berlaku terhadap pengawasan hak-hak pekerja, begitu pula dalam perspektif fiqh siyasah yang mencakup pengawasan terhadap hak-hak tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:30
Last Modified: 08 Sep 2020 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item