PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANDAR LAMPUNG

TOVIK SANJAYA, SAN (2020) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Tovik Sanjaya 1511080310 Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki perilaku kurang disiplin sekolah. Terdapat Tiga peserta didik yang menjadi fokus peneliti untuk dilakukannya pembinaan atau bimbingan melalaui konseling individu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan konseling Behavioral dengan teknik yaitu teknik Behavior Contract dengan harapan dapat mengubah perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku yang sesuai terhadap peraturan tata tertib sekolah. Dan diharapkan dapat mengubah perilaku kurang disiplin sekolah peserta didik. Karena hal ini sangat berkaitan terhadap proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Bandar lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses konseling individu dengan teknik Behavior Contract dalam menangani peserta didik yang kurang disiplin sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan suatu bentuk penenlitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian yaitu peserta didik yang melanggar peraturan tata tertib sekolah. Sample yang ada dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik Behavior Contract untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Bandar lampung telah dilaksanakan dengan baik. Namun masih perlu ditingkatkan agar dapat meminimalisir peserta didik yang masih memiliki kedisiplinan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:46
Last Modified: 08 Sep 2020 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item