PENGARUH KONSELING SEBAYA DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA UKM RESIMEN MAHASISWA/202 HARIMAU SUMATERA UIN

Bilal M. Ramadhan, Ram (2020) PENGARUH KONSELING SEBAYA DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA UKM RESIMEN MAHASISWA/202 HARIMAU SUMATERA UIN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KONSELING SEBAYA DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA UKM RESIMEN MAHASISWA/202 HARIMAU SUMATERA UIN RADEN INTAN LAMPUNG Disiplin merupakan tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh terhadap berbagai peraturan dan ketentuan yang berlaku, perilaku yang terbentuk untuk selalu mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan setiap individu setiap harinya. Terdapat beberapa anggota yang kurang disiplin dalam melaksakan kewajibannya sebagai anggota UKM Resimen Mahasiswa. Penggunaan teknik token economy untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan serta konseling sebaya bertujuan membantu, mendengarkan, dan memahami, fasilitator yang bersedia membantu remaja untuk tumbuh dan berkembang bersama kelompoknya serta sebagai pemimpin yang karena kepeduliannya pada orang lain menjadi penggerak perubahan social. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling sebaya dengan teknik token economy dalam meningkatkan kedisiplinan anggota UKM Resimen Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment design (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, dari teknik tersebut maka diperoleh Anggota UKM Resimen Mahasiswa angkatan XL sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket kedisiplinan, wawancara, dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini ialah menggunakan Uji Wilcoxon Mathed Pairs. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan Uji Chi Square dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene’s, perolehan kedua data tersebut ialah normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Mathed Pairs didapatkan taraf signifikansi < 0,05 yairtu 0,012 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan konseling sebaya dengan teknik token economy dapat meningkatkan kedisiplinan anggota UKM Resimen Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:17
Last Modified: 07 Sep 2020 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item