PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM PADA REMAJA DI KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI PADA KELUARGA DI TELUK AMBON KELURAHAN PIDADA)

AYUNDA SAPUTRI, SAP (2020) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM PADA REMAJA DI KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI PADA KELUARGA DI TELUK AMBON KELURAHAN PIDADA). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak.Di dalam keluarga orang tua sangat berperan penting meningkatkan pengetahuan anak baik ilmu pengetahuan umum maupun keagamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa saja problematika pendidikan Islam pada remaja (studi pada keluarga di Teluk Ambon Kelurahan Pidada).” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pendidikan Islam pada remaja (studi pada keluarga di Teluk Ambon Kelurahan Pidada).Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan analisis data menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pendidkan Islam pada Remaja di Teluk Ambon yaitu Pendidikan Agama Islam di nomer sekiankan dan remaja di Teluk Ambon lebih memilih bekerja dengan alasan jika bekerja akan mendapatkan uang. Sering meninggalkan solat, terutama solat subuh karena susah untuk dibangunkan. Kemudian remaja di Teluk Ambon juga kurang aktif dalam melaksanaan kegiatan keagamaan.Sebab dari generasi tua yang lebih membiarkan anaknya dalam memotivasi mereka untuk aktif semangat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.Bagus atau tidaknya, tinggi atau rendahnya tingkat pendidikan keagamaan remaja di Teluk Ambon yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kurangnya perhatian orang tua, kemalasan, minimnya wawasan pengetahuan agama Islam.Dan faktor eksternal yaitulingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:00
Last Modified: 07 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11689

Actions (login required)

View Item View Item