ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN EKONOMI PELAKU UMKM PASCA BENCANA TSUNAMI DI DESA KUNJIR DAN WAY MULI KECAMATAN RAJABASA MENURUT PERSPEK TIF EKONOMI ISLAM

BELLA KHARISMANINGTYAS, KHA (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN EKONOMI PELAKU UMKM PASCA BENCANA TSUNAMI DI DESA KUNJIR DAN WAY MULI KECAMATAN RAJABASA MENURUT PERSPEK TIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI BELLA KHARISMANINGTYAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh usaha kecil menengah (UKM) memiliki peran yang strategis dalam penyerapan tenaga kerja dan sumber pendapatan daerah maupun masyarakat lokal. Salah satunya adalah kota yang menempatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada posisi yang strategis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Adapun Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lampung Selatan termuat dalam peraturan daerah Kabupaten Lampung Selatan nomor 7 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lampung Selatan dan tugas pokok terkait menyelenggarakan atau melaksanakan urusan pemerintah daerah di bidang koperasi dan usaha kecil menengah dalam melakukan program pengembangan ekonomi pelaku UMKM meliputi: program penguat kelembagaan koperasi, dan program peningkatan daya saing UMKM dan koperasi diantaranya; monitoring dan evaluasi perizinan UKM, pengembangan dan pemasaran produk koperasi, workshop kemitraan UKM dengan perusahaan BUMD/BUMN, sosialisasi program pemberdayaan ekonomi kerakyatan dari berbagai bidang, sosialiasi tentang perizinan usaha para pelaku UKM, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kredit usaha rakyat dan pelatihan kewirausahaan pemula Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan latar belakanh diatas maka rumusan masalah: (1) Bagaimana efektivitas program pengembangan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah pasca bencana, (2) Bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap program pengembangan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah pasca bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas program pengembangan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah pasca bencana tsunami, (2) Untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap program pengembangan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah pasca bencana. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dalam kancah yang sebenarnya. Hakikatnya penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan responden yaitu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 30 responden. Berdasarkan lima indikator efektvitas program pengembangan ekonomi pelaku UMKM dapat disimpulkan bahwasannya seluruh indikator sudah berjalan dengan efektif kecuali indikator keluaran dan manfaat yang belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, program pengembangan ekonomi pelaku UMKM telah sesuai dengan perspektif ekonomi islam, hal ini dapat ditunjukkan pada indikator efektivitas dan terdapat banyak manfaat pada kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:58
Last Modified: 03 Sep 2020 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item