ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK ALAS KAKI INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Anggita Listianti, Lis (2020) ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR PRODUK ALAS KAKI INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan suatu negara yang menganut sistem perekonomian terbuka, artinya bahwa Indonesia melakukan transaksi ekonomi dengan pihak luar negeri atau yang sering disebut dengan perdagangan internasional. Pada awalnya pembangunan Indonesia dipicu oleh ekspor minyak dan gas bumi (migas) yang menyebabkan peningkatan kemampuan produksi. Namun, sejak jatuhnya harga migas pemerintah membuat deregulasi yang merestrukturisasi ekonomi yang tergantung pada minyak dan gas bumi menuju ekspor komoditi non migas. Ekspor 10 komoditi unggulan Indonesia di pasar intenasional dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Alas kaki merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia setelah tekstil, elektronik, karet, kelapa sawit, dan produk hasil hutan yang setiap tahunnya selalu meningkat. Namun, capaian ini masih jauh dengan target yang dituju oleh kementerian perindustrian Indonesia yaitu pertumbuhan sebesar 10% setiap tahunnya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis daya saing Indonesia terhadap produk alas kaki yang diekspor ke Amerika Serikat? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekspor alas kaki Indonesia ke Amerika Serikat? (3) Bagaimana ekonomi Islam memandang daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor?. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Menggunakan analisis RCA untuk mengetahui daya saing ekspor alas kaki Indonesia terhadap dunia dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor produk alas kaki Indonesia ke AS. Data yang diambil dari penelitian ini merupakan data sekunder. Data-data tersebut bersumber dari Un Comtrade untuk data nilai ekspor alas kaki Indonesia ke negara tujuan, nilai total ekspor Indonesia ke negara tujuan, nilai ekspor dunia ke negara tujuan, dan nilai total ekspor dunia ke negara tujuan. Badan Pusat Statistik untuk data ekspor alas kaki dan produksi, World Bank untuk data GDP AS, Bank Indonesia untuk data kurs/nilai tukar rupiah terhadap dollar, dan World Footwear Yearbook untuk data harga alas kaki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks RCA > 1, maka ekspor produk alas kaki Indonesia ke Amerika Serikat berdaya saing di dunia. Secara parsial, GDP AS dan nilai tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor alas kaki Indonesia ke AS, harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekspor alas kaki Indonesia ke AS, dan produksi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekspor alas kaki Indonesia ke AS. Secara simultan, GDP AS,nilai tukar, harga dan produksi secara bersama- sama berpengaruh terhadap ekspor alas kaki Indonesia ke Amerika Serikat. Persaingan dalam perspektif ekonomi Islam sangat dianjurkan, namun harus secara sehat sebagaimana dijelaskan di Q.S Al-Baqarah ayat 148 di mana setiap negara dilarang untuk berbuat kecurangan salah satunya adalah teknik dumping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:33
Last Modified: 03 Sep 2020 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item