PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SHOLAT JAMA’ DAN QOSOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN

Isnaini Fitriani Istijabah, Ist (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SHOLAT JAMA’ DAN QOSOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI Isnaini Fitriani Istijabah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SHOLAT JAMA’ DAN QOSOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH GEDONG TATAAN Oleh Isnaini Fitriani Istijabah Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall yang telah disederhanakan. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Gedong Tataan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi dan ahli bahasa untuk menguji kelayakan buku pengayaan ini Untuk mengetahui kelayakan dan ketertarikan akan buku pengayaan ini peneliti menggunakan angket respon peserta didik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk menggunakan skala linket. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah; 1) menghasilkan buku pengayaan berbasis inkuiri terbimbing sebagai sumber belajar peserta didik, kualitas produk yang telah dikembangkan adalah “sangat layak” dengan persentase berdasarkan penilaian ahli media, 84,37% dalam kategori “sangat layak”, oleh ahli materi, 79,33% dalam kategori “layak” dan oleh ahli bahasa sebesar, 90,83% dalam kategori “sangat layak”; 2) Respon peserta didik yang dilakukan dengan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar kelas VII dengan presentase 87,38% dalam kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku pengayaan berbasis inkuiri terbimbing sudah memenuhi kriteria valid/ sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:56
Last Modified: 02 Sep 2020 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item