PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS AGAMA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

Novita Rahmawati Aditya, Adi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS AGAMA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi (Perpus Pusat).pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media big book berbasis agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini dan untuk mengetahui respon siswa terhadap kualitas media big book berbasis agama untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini yang telah dihasilkan. Metode dalam penelitian adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Ada tujuh tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikkan desain, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan ke pada ahli materi, ahli media dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakkan produk dan diberikan kepada siswa untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,72 dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli media mendapatkan nilai rata sebesar 3,8 dengan kriteria sangat layak, dan penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai rata-rata 3,12 dengan kriteria layak. Adapun penilaian guru TK Baitul Jannah memperoleh nilai rata-rata 3,4 dengan kriteria sangat layak dan penilaian guru di TK ‘Aisyiyah memperoleh nilai rata-rata 2,9 dengan kriteria layak. Sedangkan respon peserta didik di TK Baitul Jannah mendapatkan nilai rata-rata 3,7 dengan katagori sangat menarik dan pada TK ‘Aisyiyah mendapatkan nilai rata-rata 3,6 dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:40
Last Modified: 02 Sep 2020 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item