PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

NURFITASARI, NUR (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FIKS NURFITASARI 1611080095.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi adalah sesuatu yang mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar, baik berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri peserta didik, seperti orang tua, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, kondisi sosial ekonomi, guru, dan teman. Namun kenyataanya terdapat beberapa peserta didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Sehingga perlu mennumbuhkan motivasi belajar supaya tidak mengganggu prestasi belajar dan masa depanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar peseerta didik di SMA Negeri 1 Pasir Sakti Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre- experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 peserta didik X IPS. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Adapun hasil dapat diketahui bahwa adanya motivasi belajar. Dengan hasil pretest 58 dan setelah diberi perlakuan menjadi 96,2. Hasil uji Wilcoxon menunjukan p=0,018 sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat di jadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:25
Last Modified: 01 Sep 2020 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item