PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGGULANGAN MASALAH PUNGUTAN LIAR PARKIR DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

GALANG DHARMA JOLIAN, JOL (2020) PERAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGGULANGAN MASALAH PUNGUTAN LIAR PARKIR DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Kantor Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI GALANG.pdf]
Preview
PDF
Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pungutan liar parkir adalah suatu tindak pidana yang memang harus dibahas secara menyeluruh dan tuntas agar tidak ada perselisihan. Dikarenakan banyaknya masyarakat yang tidak memahami aturan-aturan dalam penggunaan parkir di tepi jalan, di mana justru pengguna parkir yang menggunakan badan jalan yang membuat kemacetan di jalan. Kondisi ini tentunya yang mengakibatkan kemacetan di jalan- jalan yang digunakan sebagai lahan parkir, maka dibutuhkan peran pemerintah di dalamnya untuk menertibkannya sekaligus menunaikan aturan-aturan yang berlaku tentang parkir liar. Peran pemerintah sebagai pihak yang berwenang haruslah memberikan suatu pelayanan publik, baik fasilitas sarana dan prasarana dalam mengatur arus lalu lintas kendaraan serta memberikan jasa pelayanan parkir yang memadai bagi warga Kota Bandar Lampung. Maka dalam skripsi ini permasalahan yang ingin dikaji adalah: Bagaimana peran pemerintah dalam menanggulangi masalah pungutan liar parkir di Kota Bandar Lampung, kemudian Bagaimana perspektif Hukum Islam terhadap peran pemerintah dalam menanggulangi masalah pungutan liar parkir di Kota Bandar Lampung. Kemudian skripsi ini bertujuan: untuk mengetahui peran pemerintah dalam menanggulangi masalah pungutan liar parkir di Kota Bandar Lampung dan perspektif Hukum Islam terhadap peran pemerintah dalam menanggulangi masalah pungutan liar parkir di kota Bandar Lampung Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), yaitu Penelitian lapangan dilakukan untuk kancah kehidupan yang sebenarnya dan untuk mengetahui hasil lapangan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subjek yang diteliti serta interaksinya dengan lingkungan. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara komperhensif mengenai suatu yang menjadi pendekatan obyek, gejala atau kelompok tertentu. Dalam pengambilan kesimpulan, metode yang digunakan adalah metode deduktif, yaitu suatu pola yang dilakukan untuk mengambil kaidah-kaidah yang bersifat umum, untuk di dapatkan dan di tarik menjadi kesimpulan pengetahuan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian dari fokus masalah yang telah dikaji melalui wawancara dan observasi, penulis menyimpulkan bahwa Peran Pemerintah melalui Dishub Kota Bandar Lampung dalam pelaksanaan penanggulang pungutan liar parkir menggunakan dua metode yang bersifat Preventif dan Represif yaitu penanggulangan pungutan liar parkir baik sebelum dan sesudah terjadi. Penanggulangan ini dengan melakukan imbauan-imbauan dan sosialisasi yang melibatkan berbagai pihak pelayanan publik agar masyarakat dapat mengetahui persoalan-persoalan ini secara tuntas. Dan juga melakukan upaya-upaya pengawasan di setiap lahan parkir untuk mengurangi tindakan-tindakan pungutan liar parkir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:54
Last Modified: 31 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item