PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

ANJANI, MERISA (2020) PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2, DAN DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI ANJANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini mendiskripsikan pengelolaan layanan perpustakaan di MI Darul Huda Bandar Lampung. Perpustakaan pada hakikatnya adalah sistem pengelolaan informasi oleh sumber daya manusia yang terdidik di dalam bidang perpustakaan, informasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berbicara tentang Pengelolaan Layanan Perpustakaan di MI Darul Huda Bandar Lampung. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan sejauh mana Pengelolaan Layanan Perpustakaan di MI Darul Huda Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan sirkulasi petugas sudah melaksanakan dengan baik, hal ini dikarenakan menerapkan layanan peminjaman sistem terbuka, melayani peserta didik yang ingin megembalikan buku yang telah dipinjam, menerapkan peraturan tentang lamanya peminjaman buku. Kemudian pada layanan referensi petugas perpustakaan melaksanakannya dengan baik, dimana dalam pelayanan informasi petugas perpustakaan selalu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peserta didik dan guru-guru. Tugas pelayanan informasi terlaksana dengan baik didukung dengan dua faktor yaitu mengenai layanan informasi bahwasannya petugas selalu memberikan informasi bagi pengunjung perpustakaan dalam mencari buku yang diinginkan dan memberikan pelayanan bimbingan belajar yang mengacu pada peningkatan motivasi belajar siswa di perpustakaan. Serta menerapkan tata tertib pengunjung perpustakaan, Walaupun masih terdapatnya kekurangan yaitu keterbatasan dan koleksi buku referensi yang kebanyakan koleksi buku paket saja, serta belum adanya statistik pengunjung atau peminjaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:37
Last Modified: 25 Aug 2020 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11608

Actions (login required)

View Item View Item