ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DALAM BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015)

Aqiliyyah, Dewi (2017) ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DALAM BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI__AQLIYYAH.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi sangat berpengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat. Salah satunya adalah perubahan pola konsumsi yang diakibatkan dengan adanya jual beli secara online. Dengan adanya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja online menyebabkan terjadinya pembelian secara berlebihan sebagai akibat adanya pembelian tak terencana (pembelian impulsif) oleh para konsumen. Pembelian secara impulsif ini juga terjadi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan Lampung angkatan 2015. Hal ini dapat dilihat dari pola konsumsi mahasiswa yang selalu mengikuti perkembangan trend yang sedang berlaku salah satunya adalah trend dalam hal fashion. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu kualitas kualitas informasi (X1), harga (X2), kualitas produk (X3) dan impulse buying sebagai variabel dependennya (Y). Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain bagaimana pengaruh kualitas informasi, harga dan kualitas produk terhadap pembelian impulsif, dan bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, harga, dan kualitas produk terhadap pembelian impulsif, serta mengetahui pandangan Ekonomi Islam mengenai pembelian secara impulsif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 89 orang responden di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung yang telah melakukan pembelian secara online dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 22 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai F hitung sebesar 8,528 dengan sig 0,000, t hitung untuk masing-masing variabel yaitu – 0,959 (X1), 3,423 (X2), dan 1,237 (X3). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa, ketiga variabel secara simultan berpengaruh terhadap pembelian impulsif dan secara parsial dari ketiga variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen hanya variabel harga yang berpengaruh positif sebesar 3,428 dengan tingkat signifikansi 0,001. Besarnya koefisien determinasi dari ketiga variabel tersebut adalah 20,4%. Hal ini berarti ketiga variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan sebesar 20,4% variasi dependen. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:35
Last Modified: 23 Aug 2017 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item