UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTABUMI

Dinda Maulidina, Mau (2020) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTABUMI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pusat 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DINDA OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi antar pribadi merupakan proes yang berlangsung antar dua orang atau lebih secara tatap muka. Melalui komunikasi antar pribadi manusia dapat mengelola hubungan yang baik dengan manusia lainnya. Keberadaan layanan bimbingan kelompok membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi yang rendah. Dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok peserta didik yang cenderung pasif, acuh dan pendiam dituntut untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya, dan bekerjasama dengan kelompoknya. Sehingga mampu merubah pola pikir, kebiasaan dan tingkah laku dalam melakukan sosialisasi dengan orang lain. Sedangkan teknik simulasion games adalah permainan yang dapat merefleksikan situasi yang sebenarnya yang ada di dalam kehidupan individu, karena melalui teknik permainan efektif meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik di SMP Negeri 1 Kotabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan design penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelas VII yang memiliki kemampuan komunikasi yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan proses layanan bimbingan kelompok yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling terlaksana dengan baik. Dapat terlihat dari perubahan yang dialami peserta didik terkait komunikasi antar pribadi yang awalnya peserta didik masih enggan untuk memulai pembicaraan dengan orang lain yang cenderung terlihat acuh, namun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok kemampuan komunikasi ppeserta didik meninngkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa uapaya yang diberikan guru Bimbingan dan Konseling melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasion games dapat meningkatkan percaya diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:03
Last Modified: 24 Aug 2020 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11598

Actions (login required)

View Item View Item