UPAYA MEMANTAPKAN RENCANA KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MENGGUNAKAN GENOGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mazaya Nur Afifah Rahman, Afi (2020) UPAYA MEMANTAPKAN RENCANA KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MENGGUNAKAN GENOGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI an MAZAYA NUR AFIFAH RAHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA MEMANTAPKAN RENCANA KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MENGGUNAKAN GENOGRAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh MAZAYA NUR AFIFAH RAHMAN Pada usia 15-18 tahun merupakan masa remaja yaitu merupakan masa transisi dari anak-anak dan dewasa. Salah satu tugas perkembangan pada masa remaja yang paling penting adalah masalah pilihan karier dan persiapan suatu pekerjaan atau lanjut untuk menuju perguruan tinggi yang didambakan sesuai dengan potensi dan minat peserta didik sesuai dengan rencana kariernya. Perencanaan dan pilihan karier biasanya cenderung menghampiri remaja pada masa sekolah tingkat SMA/MA ini menjadi permasalahannya, dimana peserta didik sering mengalami kegalauan dan kebingungan dalam memantapkan dan memutuskan arah pilihan karier yang hendak diambil untuk masa depannya setelah lulus sekolah harus bagaimana, apakah memutuskan untuk lanjut kuliah atau memutuskan untuk bekerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru BK dalam memantapkan rencana karier menggunakan media genogram efektif digunakan dalam membantu peserta didik yang belum mantap dalam merencanakan arah pilihan kariernya. Hal tersebut terbukti dari hasil evaluasi dan penilaian dari kegiatan layanan yang diberikan guru BK, bahwa setelah mengikuti bimbingan karier menggunakan genogram peserta didik menjadi lebih yakin dan mantap atas rencana dan pilihan karier yang diambilnya, dengan mengacu pada perjalanan karier dari salah satu anggota keluarganya yang dianggapnya berhasil dalam kariernya dan menjadikan acuan yang hendak diikuti jejaknya oleh peserta didik yang menyatakannya dalam genogram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:42
Last Modified: 24 Aug 2020 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item