PERAN MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ari Kurniyawati, Kur (2020) PERAN MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Ari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peluang kerja sering menjadi masalah utama dalam pembangunan, peran penting dari kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi adalah untuk membangun produktivitas dan sumber pendapatan. Kewirausahaan tidak berkembang begitu saja diperlukan usaha yang sungguh-sungguh agar dapat menumbuhkan kewirausahaan tersebut. Maka dari itu kebutuhan akan pelatihan kewirausahaan tidak dapat dihindari guna meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan minat dan jiwa berwirausaha pada masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut maka terdapat permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah pelatihan kewirausahaan dengan minat berwirausaha masyarakat sebagai variabel intervening berpengaruh terhadap tingkat pendapatan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel pelatihan kewirausahaan terhadap tingkat pendapatan dengan minat berwirausaha sebagai variabel intervening dalam perspektif ekonomi Islam. Sampel dalam penelitian ini adalah warga Desa Way Sari yang mengikuti pelatihan kewirausahaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, Jenis sumber data menggunakan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan metode SPSS for windows versi 25. Analisis data menggunakan metode kausal step. Hasil kesimpulan penelitian ini menunujukkan bahwa Variabel bebas (pelatihan kewirausahaan) menjadi tidak berpengaruh terhadap variabel terikat (tingkat pendapatan) setelah memasukkan variabel mediasi (minat berwirausaha). Sehingga dapat disimpulkan minat berwirausaha memediasi secara mutlak hubungan antara pelatihan kewirausahaan terhadap tingkat pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:36
Last Modified: 24 Aug 2020 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item